Thursday, May 1, 2014

Describing an Object

Describing an object atau menjelaskan suatu benda secara detail adalah salah satu hal yang biasa terdapat di materi writing. Dalam mendeskripsikan atau menjelaskan suatu benda dalam tulisan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa tips agar mudah dalam mendeskripsiakn suatu benda. selamat membaca!


  • Temukan Objek
Menemukan objek yang akan kita deskripsikan adalah hal yang sangat penting. Tentu saja kita tidak dapat menjelaskan ciri -ciri atau penamkan suatu benda atau objek apabila kita tidak melihatnya, bukan ?
  • Perhatikan ciri-ciri objek
Perhatikan objek secara seksama. Urutkan ciri-ciri tersebut dari umum ke spesifik. Sebagai contoh kekita mendeskripsikan "pohon", hal yang pertama di jelaskan adalah ciri-ciri umum dari pohon, "pohon merupakan salah satu jenis tanaman". Kemudian beralihlah kepada hal yang spesifik, seperti penampakan fisik dari pohon tersebut.
  • Menambahkan beberapa informasi tambahan
Menambahkan informasi tambahan akan membuat tulisan anda akan semakin menarik. Misalnya, ketika mendeskripsikan "pohon" kita menambahkan informasi seperti pohon merupakan produsen oksigen yang paling besar, selain sebagai produsen oksigen, pohon juga berfungsi sebagai penyerap racun dari polusi udara.  
  • Menjelaskan secara terperinci
Menjelaskan secara terperinci namun efektif akan membuat tulisan anda lebih menarik. 

Contoh Describing Object:
Look at this picture!
Do you know who is he? What does he do?
Do you get your idea ?

He is a doctor. Doctor is one of medical profession, beside nurse and other medical professions. People are going to the doctor if they got sick. Then, the doctor will give them some medicine.
There are so many types of doctors, like dentist, surgeon, internal medicine, cardiologist and etc.
Doctor usually work at a hospital. They work with other paramedic. Doctor usually use a long white coat. They always bring a stethoscope when they chek their patients. sometimes they also bring an injection for their patients.
Doctor is a good profession. They help people to get better healtiness, caring patient's problem and  do their best for their patients. 

source : the author

0 comments:

Post a Comment

 

The Groovy Taste of English Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template